Spesifikasi Huawei Ascend Y540, Smartphone Android KitKat dengan Layar 4.5 Inci

Spesifikasi Huawei Ascend Y540, Smartphone Android KitKat dengan Layar 4.5 Inci – Tanpa pengumuman resmi, vendor terkenal yaitu Huawei meluncurkan produk smartphone terbaru Mereka dengan nama Huawei Ascend Y540. Menyokong pangsa pasang entry-level, ponsel pintar ini dibandrol dengan budget-minded dan sudah rilis di pasar Eropa seharga €100 – €110 (sekitar 1,6 juta rupiah).

Walaupun perangkat kerasnya berspesifikasi menengah ke bawah, handset ini tetap memiliki konsumennya tersendiri. Ingin tahu apa saja kelebihan ponsel ini dibandingkan produk kompetitor di kelasnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Huawei Ascend Y540
Huawei Ascend Y540

Spesifikasi Huawei Ascend Y540

Jaringan: 3G HSDPA
Kartu: dual SIM
Dimensi: 134.2 x 67 x 10.3 mm
Layar: 4.5 inci/ Layar sentuh TFT kapasitif/ 16 juta warna
Resolusi: 480 x 854 pixels
Kerapatan: 218 ppi
Sistem operasi: Android OS 4.4 (KitKat)
Chipset: MediaTek
Prosesor: dual-core Cortex-A7 berkecepatan 1.3 GHz
Grafis: Mali-400
RAM: 1 GB
Memori internal: 4 GB
Memori eksternal: slot microSD hingga 32 GB
Kamera primer: 5 MP/ 2592 x 1944 pixels, LED flash, geo-tagging
Kamera sekunder: VGA
Wi-Fi, bluetooth, A-GPS, radio TBC, microUSB
Baterai: Li-Ion 1950 mAh
Warna: hitam, putih



Desain Tampilan
Seperti biasa, Huawei hadir dengan bentuk dan desain khas Mereka sendiri. Kebanyakan produk Mereka tidak mengikuti trend pasar, dimana kebanyakan desain smartphone saat ini memiliki tampilan berupa flat-design.

Huawei Ascend Y540 memiliki bentuk yang cukup lonjong. Pada bagian panel depannya dibentuk cukup rata dan mulus, sedangkan pada bagian belakangnya terlihat kasar berserat, mirip seperti casing berbahan kulit. Selain itu, ornamen yang disematkan pada badan belakangnya dibuat simentris dengan sentuhan logo Huawei yang cukup besar.

Beralih ke bagian depan, pengguna akan disuguhkan dengan layar selebar 4.5 inci dengan resolusi sebesar 480 x 854 pixels. Tentunya layar tersebut sangat kecil dibandingkan ponsel-ponsel dengan harga yang setara, seperti produk-produk terbaru Lenovo dan Asus Zenfone. Namun begitu, layar seperti itu tetap nyaman digunakan.

Mesin dan Performa
Untuk masalah dalaman, tidak ada yang terlalu menarik dari handset Huawei Ascend Y540 ini. Dengan sistem operasinya, yaitu Android OS KitKat, Ascend Y540 dibekali dengan mesin bertenaga dual-core berkecepatan 1.3 GHz model Cortex-A7 dari MediaTek. Spesifikasi SoC dan tenaga penggerak yang seperti ini memang cukup standar, namun sudah sangat cukup jika disandingkan dengan harganya yang terjangkau. Terlebih performanya sudah didukung dengan pengolah grafis Mali-400 dan memori RAM sebesar 1 GB.

Fitur Lain
Selain mesin, Huawei Ascend Y540 juga dibekali dengan berbagai macam fitur pendukung. Diantaranya ada kamera pada bagian belakang sebesar 5 MP, kamera pada bagian depan berupa VGA, GPS, microUSB, Wi-Fi dan baterai sebesar 1950 mAh. Mungkin untuk masalah kamera, ponsel pintar ini benar-benar lemah. Terlebih jika ingin digunakan untuk foto selfie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *