Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca – Ada banyak hal yang menjadi penyebab sebuah flashdisk atau USB flash drive tidak terbaca atau tidak diakui oleh perangkat Anda. Diantaranya yang banyak terjadi adalah karena masalah hardware dan partisi yang korup. Selain itu, masih ada beberapa faktor lagi yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan perangkat penyimpanan tersebut. Jika Anda salahsatu yang sedang mengalami masalah itu, beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di bawah ini mungkin dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda.

1. Lakukan format
Salahsatu faktor yang membuat flashdisk tidak terbaca adalah karena adanya kerusakaan pada bagian perangkat lunak. Penyebabnya bisa karena virus ataupun program lainnya yang tersebar. Untuk mengatasi hal semacam ini sangatlah mudah, Anda dapat langsung melakukan format untuk mengembalikan flashdisk dalam keadaan sehat. Namun begitu, jika di dalam USB tersebut terdapat data penting, Anda terlebih dahulu harus menjalankan program pemulih USB (USB recovery).

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca



2. Gunakan port USB atau komputer lain
Faktor selanjutnya adalah pada masalah port. Cobalah untuk memasang flashdisk Anda pada perangkat atau port lain. Selain itu, hindari dulu menggunakan hub USB, karena mungkin saja masalahnya ada pada bagian kabel.

3. Periksa Disk
Masuk ke bagian Manajemen Disk (Disk Management) tool yang ada pada bagian Control panel. Anda juga dapat melihat kesehatan disk dengan menekan tomcol Win + R atau Run dengan mengetik kata “diskmgmt.msc”.

Setelah masuk ke bagian Manajemen Disk, cobalah untuk mencari apakah ada perangkat flashdisk Anda di sana. Ciri khasnya dapat Anda lihat dari ukuran drive. Jika Anda tidak menemukannya, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada hardware, entah itu port komputer atau USB drive-nya.

4. Restart komputer atau laptop Anda
Cobalah untuk melakukan restart pada perangkat Anda. Hal ini untuk membktikan bahwa masalah flashdisk tidak terbaca bukan karena perangkat lunak komputer Anda.

5. Mengubah Drive Letter dan Paths
Jika flashdisk Anda tidak terbaca oleh sistem operasi Windows, mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh tidak terbacanya huruf drive disk Anda. Semua perangkat yang masuk ke dalam OS Windows memiliki huruf unik yang membuat sistem pada komputer dapat membaca serta menulis isi dari drive itu sendiri.

Untuk mengatur hal tersebut, Anda dapat mengakses Disk Management lalu tekan bagian yang bertulis “Change Drive letter and Paths”. Selanjutnya klik “ubah” dan ganti dengan huruf yang berbeda. Setelah itu akan muncul notice persetujuan, lalu klik “Ya”.

Pada dasarnya flashdisk memiliki umurnya masing-masing, sehingga cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di atas mungkin sudah tidak bisa membantu lagi. Bahkan beberapa flashdisk dapat rusak dalam jangka waktu yang pendek, baik itu terkena virus ataupun tidak. Oleh sebabnya, wajib bagi Kita menjaga USB flash drive dari program-program ilegal dan konten yang aneh serta melakukan backup data secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *