ZTE Open L, Smartphone Firefox OS dengan Mesin Quad-core

responsive

ZTE Open L, Smartphone Firefox OS dengan Mesin Quad-core – Dalam Mobile World Congress tahun ini, bermunculan berbagai smartphone baru dengan segala kelebihannya. Tidak terkecuali dengan vendor asal China, yaitu HTC yang baru-baru ini mengeluarkan produk ponsel pintar terbaru bernama ZTE Open L. Handset ini memang tidak memiliki fitur yang mewah dari banyak sisi, namun kelebihan yang mencolok adalah pada dukungan jaringan 4G LTE yang jika ditinjau lebih jauh ternyata merupakan pioner pada OS Firefox. Ponsel pintar ini baru saja diresmikan pada tanggal 4 Maret kemarin dan akan siap untuk diluncurkan ke pasaran.

Seperti disinggung di awal-awal pembahasan, ZTE Open L adalah smartphone Firefox OS versi 2.2 yang sudah memakai jaringan 4G. Hal ini mengisyaratkan bahwa HTC memiliki ambisius tersendiri dibandingkan saat merilis versi Open C.

ZTE Open L

Spesifikasi ZTE Open L

Jaringan: 4G LTE/ 3G HSDPA
Kartu: Micro-SIM
Dimensi: 145.5 x 72.8 x 9.4 mm
Layar: 5.0 inci/ Layar sentuh kapasitif
Resolusi: 480 x 854 pixels
Kerapatan: 196 ppi
Sistem operasi: Firefox OS 2.2
Chipset: Qualcomm MSM 8909 Snapdragon 210
Prosesor: Quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1.1 GHz
Grafis: Adreno 304
RAM: 1 GB
Memori internal: 8 GB
Memori eksternal: slot microSD hingga 32 GB
Kamera primer: 5 MP/ 2592 x 1944 pixels, LED flash, autofocus
Kamera sekunder: 2 MP
Wi-Fi, Bluetooth, FM radio, microUSB, A-GPS
Baterai: Li-Ion 2200 mAh
Warna: Black

Secara desain, ZTE Open L memiliki tampilan yang tidak terlalu meriah dan terkesan polos layaknya handset mid-range. Bahkan, walaupun menyematkan layar yang cukup lebar, yaitu sekitar 5 inci, resolusi dari layar ponsel pintar ini hanya sebesar 480 x 854 pixels saja. Ini berarti, kualitas gambar yang dihasilkan tidak akan terlalu mencolok, termasuk ketika pengguna menggunakan berbagai aplikasi dengan resolusi tinggi.

Namun sebaliknya, ZTE Open L menyuguhkan dapur pacu yang cukup tangguh. Diantaranya adalah chipset Qualcomm model terbaru, yaitu Snapdragon 210 dengan mesin bertenaga quad-core dengan kecepatan cloacking mencapai 1.1 GHz. Walaupun tata arsitekturnya masih berupa Cortex-A7, handset ini masih memiliki performa yang cukup bagus dan gesit. Terlebih sudah didukung oleh pengolah grafis model Adreno dan memori RAM sebesar 1 GB.

Pada fitur lainnya, ZTE Open L menyuguhkan memori penyimpanan sebesar 8 GB. Tidak terlalu besar, namun Anda dapat melakukan ekspansi dengan memasang microSD hingga sebesar 32 GB. Selain itu, smartphone Open L ini juga nantinya akan dibekali dengan berbagai fitur tambahan, mulai dari microUSB, Bluetooth, Wi-Fi dan radio.

Selain fitur-fitur di atas, ZTE Open L juga akan didukung oleh 2 buah kamera pada bagian depan dan belakang. Diantaranya adalah kamera primer sebesar 5 MP, lengkap dengan flash dan autofocus serta kamera sekunder sebesar 2 MP untuk keperluan selfie.

responsive