Cara Mudah Mengatasi HP Android Restar Sendiri

Cara Mudah Mengatasi HP Android Restar Sendiri – Android sekarang ini benar-benar mendominasi pangsa pasar perangkat gadget dunia. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya brand lokal hingga global yang mengusung OS opensource tersebut. Tak hanya itu saja, adanya dukungan lebih dari 1,4 juta aplikasi yang terdapat di Play Store membuat OS Android menjadi raksasa teknologi mobile yang begitu diminati. Akan tetapi, kemunculan sistem operasi ini bukan tanpa cacat sedikitpun. Masih ada kendala yang kerap dialami oleh pengguna pada saat mengeksekusi gadget android.

Advertisement

Salah satu kendala yang kerap kali muncul adalah restart secara sendiri (reboot automatically). Penyebab masal ini cukup beragam, namun yang paling dominan adalah infeksi virus, pengaturan ponsel yang salah, problem aplikasi, kesuasakn OS dan ponsel yang tak sesuai OS. Jika ada salah satu gadget Android milik anda mengalami masalah tersebut, ada cara-cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mengatasi masalah tersebut.

Cara Mudah Mengatasi HP Android Restar Sendiri

1. Restrat Perangkat Android

Salah satu penyebab lain yang mengakibatkan Android anda restar android dengan sendiri adalah suhu perangkat android yang terlalu panas atau ada kesalahan pada tata sistem dalam membaca suatu program. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, anda hanya perlu melakukan restart dengan cara menonaktifkan ponsel android secara total lalu menghidupkannya kembali.

2. Menghapus data sementara

Biasanya, data sementara disimpan guna mempermudah pengguna untuk kembali melihat data tersebut. Akan tetapi dilainan sisi, data sementara atau juga chace tersebut dapat memberatkan performa dari android tersebut. Maka dari itu, cobalah anda menghapus chache secara berkala dengan cara masuk ke menu Settings/Setelan > Storage > Chace data > hapus semua file data sementara dengan cara tekan OK.

3. Periksa Pengaturan dan Perbaharui Sistem

Masalah reboot automatically atau restart sendiri bisa juga terjadi karena sistem yang sudah usang jadi banyak bug yang membuat perangkat tidak beroperasi dengan maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda perlu masuk ke menu Settings > System. Jika sudah, periksa update terbaru dengan tekan “System Updates” > Check Now.

4. Periksa Memori Internal atau ROM

Faktor lain yang mungkin jadi penyebab Android restrat sendiri merupakan penuhnya ruang penyimpanan internal. Karena itulah, anda wajib memeriksa kuota memori ROM anda. Jika sudah penuh, maka anda perlu menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi.

Biasanya masalah pada ROM atau memori internal terjadi karena ruang penyimpanan hanya tersisa sebanyak 10 persen saja. Tidak cuma itu, anda juga perlu menghapus aplikasi yang terlihat anek bagi anda, yang tidak pernah di install dan diprediksi sebagai malware atau virus. Akan tetapi, jangan lupa juga anda perlu mengaktifkan antivirus terlebih dulu.

5. Melakukan Pembaharuan Pada Aplikasi

Terkadang malware atau virus dan masalah lain muncul dari aplikasi yang sudah anda download dan install. Maka dari itu, setiap pengguna gadget android wajib memeriksa ketersediaan update aplikasi yang ada. Anda dapat memulainya dengan cara masuk ke App Play Store > Plih aplikasi anda. Nah jika dikolom aplikasi tersebut ada pemberitahuan untuk melakukan unduhan varian terbaru, langsung tekan “update”.

Baca juga : Kumpulan VGA Gaming terbaik dengan harga murah

Nah, itulah tadi cara untuk mengatasi Android Restart sendiri yang mungkin bisa berguna untuk anda, ada baiknya anda lebih dulu mendatangi tukang servise ahli untuk menyelsaikan masaalh tersebut. Bisa saja masalah tersebut ada pada hardware atau bagian dapur pacu gadget android anda.

Advertisement
Cara Mudah Mengatasi HP Android Restar Sendiri | acim | 4.5