Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus

Advertisement

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus – Meskipun awalnya virus atau malware hanya bisa menyerang perangkat komputer atau netbook, namun semenjak kedatangan android virus dan malware juga acap kali menyerang perangkat tersebut. Virus-virus tersebut biasanya bersumber dari aplikas-aplikasi tidak berguna yang telah anda download. Karena di playstore sendiri meski sudah di sediakan fitur filter aplikasi namun tetap saja banyak aplikasi gaduangan yang lolos.

Menghilangkan virus memang bisa dengan memakai aplikasi antivirus, namun ternyata tidak menjadi solusi paling work, karena bisa saja aplikasi antivirus tersebut juga di penuhi dengan malware atau virus lainya. Nah untuk cara menghilangkan virus selengkapnya, anda bisa lihat ulasan singkat kami di bawah ini.

Cara Menghilangkan Virus di Android

Cara Menghilangkan Virus di Android :

  1. Masuk ke Safe Mode

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Masuk ke Safe Mode. Dimana dengan masuk ke safe mode akan memungkinkan Android anda untuk dapat beroperasi lebih ringan sebab hanya menjalankan aplikasi inti saja yang dibawa oleh sistem. Cara masuk ke safe mode adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume pada saat proses booting.

Advertisement
  1. Cek aplikasi di Safe Mode

Pada saat masih berada dalam Safe Mode, silakan anda cek aplikasi yang telah terinstal. Dengan cara silahkan anda masuk ke Settings – Apps, kemudian silahkan anda pilih tab Downloaded. Selanjutnya sistem akan dapat menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di dalam Safe Mode. Bila Android anda telah terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah anda instal sebelumnya di Android anda.

  1. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Bila anda telah menemukan aplikasi yang mencurigakan tadi,silahkan anda klik aplikasi tadi serta pilih Uninstall. Akan tetapi aka nada salah satu aplikasi yang tidak bisa di-uninstall, sebab aplikasi tersebut telah memberikan akses administrator.

  1. Hapus akses administrator aplikasi asing

Pada saat anda menemukan aplikasi asing yang telah memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, makan anda mendapatkan tugas untuk menghapus akses administratornya. Yakni dengan cara, silahkan anda keluar dari Application Settings, kemudian masuk ke Settings – Security – Device Administrator. Dan silahkan kembali lagi ke Application Settings serta silahkan anda periksa aplikasi mencurigakan tadi, dan seharusnya anda sudah dapat menghapusnya.

  1. Keluar Safe Mode

Dan setelah proses penghapusan aplikasi yang mencurigakan telah selesai, maka selanjutnya anda tinggal keluar dari Safe Mode. Yakni dengan cara silahkan anda meRestart android anda seperti biasanya atau melakukan reboot, matikan dulu hp android anda maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaktifan kembali.

Seperti itulah informasi yang bisa kami bagikan kali ini terkait Cara Menghilangkan Virus di Android. Dengan melakukan tips yang kami share diatas, meski tidak menggunakan aplikasi antivirus maka akan membuat virus-virus hilang dengan mudah.

Advertisement
Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus | dady | 4.5